SAPE

0
16

SAPPE – Masyarakat Tradisional Kalimantan Barat memiliki berbagai jenis musik Musik Tradisional diantara nya adalah SAPE’ yang merupakan alat musik petik tra disional yang berasal dari suku Kayaan Kapuas Hulu Alat Musik SAPE’ ini biasa dimainkan saat acara pesta adat atau Gawai padi (Ritual Syukuran atas hasil Panen padi). Musik ini dimainkan Minimal Satu orang bisa juga lebih. Bentuk SAPE’ ini berbadan lebar bertangkai kecil dengan panjang sekitar satu meter. memiliki dua senar/tali dari bahan plastik. Sape jenis ini memiliki 4 (Empat ) tangga Nada dalam memainkan SAPE’ Berbeda dengan memainkan melodi Gitar, karena jari-jari tangan hanya pada satu senar yang sama bergeser dari atas ke bawah. Biasanya para pemusik ketika memainkan sebuah lagu hanya dengan perasaan saja alat Musik sape sekarang Bukan hanya dikenal di kalangan Masyarakat Suku dayak, tetapi sudah dikenal oleh dunia bahkan sudah dimainkan semua kalangan. dikalimantan Barat, Ketertarikan anak-anak muda untuk mempelajari musik sape ini sangat diminati. Karena itulah, maka Panitia Gawai Nosuminu Podi Ke XIV tahun 2018, memperlombakan permainan sape.

Kriteria Peserta

  1. Peserta Merupakan utusan DAD Kecamatan yang ada di Kabupaten Sanggau dan sanggar sanggar Yang Legal dan Masyarakat umum.
  2. Peserta perorangan pria dan wanita bukan Tim.
  3. Sanggar/Utusan dapat mengirimkan Maksimal 2(dua) orang Peserta (Sesuai KTP).

Kriteria Persyaratan :

  1. Terbuka Untuk Semua Usia.
  2. Menyerahkan Formulir Pendaftaran.
  3. Setiap peserta diwajibkan mengggunakan Pakaian adat tradisional Setempat. 4
  4. peserta lomba wajib mengikuti proses seleksi/audisi.
  5. pada saat audisi : + Peserta Menampilkan 1(satu) Lagu wajib tampa iringan Minus-one + Peserta akan langsung dinilai oleh dewan juri. + Penilaian mengggunakan sistim gugur.
  6. pada saat pinal : + peserta Menampilkan 2 (dua) Musik Sape, yaitu 1 lagu wajib, 1lahu pilihan. + peserta hanya menggunakan minus -one pada saat menampilkan musik sape pilihan. + durasi (waktu) penampilan Maksimal 10 menit untuk 2 buah lagu (wajib dan pilihan).
  7. Musik iringan (minus-one disiapkan oleh panitia).
  8. alat musik sape disiapkan oleh masing2 peserta lomba.
  9. peserta lomba dilarang menggunakan alat bantu lainya,selain yang sudah ditetapkan oleh panitia.
  10. peserta lomba sudah hadir dilokasi pertandingan 15 menit sebelum acara dimulai.

Kriteria penilaian : Teknik Penjarian, Tingkat Kesulitan yang disajikan, Musikalitas ( Ketepatan Nada/Pitch, struktur lagu, tempo,ketepatan harmoni, mengidentifikasi teknik lagu yang disajika,  penguasaan lagu, kreatifitas, penampilan.

Koordinator Lomba : Jimmy Frans ( 0853 5080 0100 ) Vitalis Ferry ( 0853 9328 9025 )

SHARE
Previous articleTATTO
Next articleDEFILE BUDAYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here