7 ilustrasi Potret Kabupaten / Kota di Borneo - Voice of Borneo

Hot

Post Top Ad

Your Ad Spot

Senin, 27 November 2017

7 ilustrasi Potret Kabupaten / Kota di Borneo


7 potret Kabupaten/kota di Kalbar dalam lukisan



lukisan atau ornemen adalah hal yang biasa dengan mudah kita temukan di beberapa sudut-sudut bangunan di kota-kota besar, sama hal nya dengan sebuah bandara di Indonesia sebagai ajang promosi ataupun mengandung nilai estetika.

ada sebuah ornamen unik atau tepatnya lukisan dinding di Bandara International Supadio di Kalimantan Barat. lukisan ini sedikit lebih akrab dengan potret kehidupan masyarakat di pulau borneo tepat di belahan barat pulau dengan jumlah penduduk tidak lebih dari 6 juta jiwa untuk mendiami wilayah administratif sama dengan luas pulau jawa.

potret kehidupan masyarakat dengan kentar di gambarkan dengan pesan dan informatif bahwa mayoritas masyarakat di Kalimantan Barat adalah orang-orang dengan latar belakang suku Dayak dan Melayu, plus Tionghoa, ini wajar saja karena ada hongkongnya Indonesia ada di singkawang, kalimantan barat pula judulnya.


Kabupaten Sintang
kekhasan aktifitas ini tergambar dalam beberapa lukisan tentang bagaimana orang dayak di pedalaman kalimantan dengan berselonjor kaki sedang mengerjakan tenun batik ikat, dengan background rumah betang dan alam yang asri, mengambarkan kehidupan masyarakat di Kabupaten Sintang atau negeri bujang beji.

Kabupaten Sambas
potret berikutnya bagaimana digambarkan, sekelompok orang menari piring sebagai sebuah eksiatenai kebudayaan melayu disambas, yang terkenal dengan hasil bumi berupa jagung dan kakao atau coklat yang sedang di panen oleh petani, jelas mengambarkan bahwa daerah Kabupaten Sambas begitu kaya dan maju di sektor pertanian.

Kabupaten Sanggau
potret jembatan tayan yang berada di Kabupaten Sanggau dengan jelas di gambarkan dalam ornamen ini, tepat di tengahnya berdiri megah bangunan keraton Paku Surya Negara sebagai rumah raja yang menjadi salah satu warisan budaya kerajaan melayu yang pernah ada di Indonesia dan berdiri sejak 1616 SM, dan didepannya tergambarkan bagaimana tarian kondan oleh gadis dayak dan Mamot sejenis hantu / roh penganggu.

Kota Pontianak
potret ini mengambarkan burung elang khatulistiwa yang sedang bertengger di dahan dan di bawahnya berenang ikan lais di sungai kapuas, dengan latar belakang kampung beting di Tanjung Raya Pontianak sebagai perkampungan suku melayu dengan trendmark nya adalah Kesultanan Kadriyah yang di pimpin oleh seorang raja, dan berdiri sejak abad ke 18.


Kabupaten Kapuas Hulu
merupakan salah satu Kabupaten yang paling jauh di Kalimantan Barat, anda dapat menuju ke kabupaten ini 1 jam melalui udara dan 18 jam jalur darat. di Kapuas Hulu kaya dengan flora dan fauna, yang paling dikenal dengan ikan arwana nya di kawasan Danau sentarum atau burung enggang di sekitar TNBK Taman Nasional Bukit Kerihun, serta tarian budaya melayu di bantaran sungai kapuas.

Kabupaten Landak sebagai Kawasan Perkebunan Kelapa sawit di Kabupaten ini menjadi primadona masyarakat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot